Minggu, 10 Desember 2017

14. Layanan yang tepat untuk anak TK sesuai tingkatan kapasitas intelektual.



Konselor di sekolah memiliki tugas untuk mengenal para siswanya, maka ketika telah dilaksanakan sebuah tes intelektual konselor dapat menggunakan hasil tes tersebut untuk menentukan layanan yang tepat yang dapat diberikan pada kliennya kelak. Pada suatu kesempatan penulis melakukan observasi di sebuah sekolah dan mendapatkan kesimpulan diantaranya bahwa anak yang:
·                     Kapasitas itelektualnya berada di tingkatan superior ( Grade I )
Ketika konselor telah memberikan layanan pengumpulan data dan telah mendapatkan hasil bahwa ada anak yang tergolong pada Grade I selanjutnya diberikan layanan informasi seperti memberikan informasi pada anak tersebut tentang kemampuannya yang sudah bagus agar ia tidak menjadi anak yang besar kepala karena kemampuannya dan diberikan perhatian agar ia masih bisa meningkatkan lagi kemampuannya. Terkadang anak pada tingkatan superior memiliki tingkah laku super aktif untuk sekedar mencari perhatian gurunya maka sebagai konselor harus bisa memberikan informasi juga pada guru pengajar bagaimana pengajaran yang cocok untuk anak pada Grade ini karena anak pintar juga masih memerlukan perhatian dari gurunya.
·                     Kapasitas itelektualnya berada di tingkatan diatas rata-rata ( Grade II )
Ketika konselor telah memberikan layanan pengumpulan data dan telah mendapatkan hasil bahwa ada anak yang tergolong pada Grade II selanjutnya diberikan informasi bahwa ia sudah memiliki kemampuan yang baik dan harus tetap mempertahankannya, konselor juga memberikan layanan informasi pada guru pengajar bahwa anak ini masih perlu perhatian agar ia tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan untuk mencari perhatian guru sama seperti di Grade I anak di Grade II juga terkadang memiliki tingkah laku yang super aktif.
·                     Kapasitas itelektualnya berada di tingkatan rata-rata ( Grade III )
Sama seperti sebelumnya, ketika konselor telah memberikan layanan pengumpulan data dan telah mendapatkan hasil bahwa ada anak yang tergolong pada Grade III selanjutnya diberikan informasi bahwa ia sudah mendapatkan kemampuan yang cukup karena kemampuannya yang sama pada anak umumnya, selanjutnya anak tersebut diberikan layanan konseling agar ia mampu menigkatkan kemampuannya agar lebih baik lagi, dan konselor melakukan layanan informasi pada guru bahwa anak yang berada ditingkatan rata-rata hanya memerlukan dorongan-dorongan agar anak tersebut mau meningkatkan lagi kemampuannya.

·                     Kapasitas intelektualnya berada di tingkatan dibawah rata-rata ( Grade IV )
Anak pada golongan ini diperlukan perhatian khusus agar ia bisa mengimbangi diri dengan anak lain yang setidaknya pada tingkatan rata-rata, anak pada golongan ini dapat diberikan layanan konseling untuk lebih mengetahui mengapa anak terlihat pada tingkatan dibawah rata-rata selanjutnya berikan layanan infirmasi pada guru atas hasil konseling tersebut dan anjurkan pada guru untuk melakukan home visit atau mendatangi tempat tinggal anak untuk lebih mengetahui latar belakang keluarganya mengapa anak ini termasuk pada tingkatan dibawah rata-rata,seperti melihat pendukung belajarnya dirumah dan perlakuan orangtua pada anaknya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar