Minggu, 10 Desember 2017

25. CONTOH LAPORAN KETERKAITAN TEST CFIT DENGAN VISI MISI JURUSAN



LAPORAN KETERKAITAN TEST CFIT DENGAN VISI MISI JURUSAN AGRIBISNIS DI FAKULTAS PERTANIAN UNTIRTA

JURUSAN AGRI BISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNTIRTA
A.    Visi, Misi, Tujuan, dan Komponen Lulusan Jurusan
a.       Visi
Menjadikan Jurusan Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai jurusan/program studi yang memiliki keunggulan di bidang Agribisnis dan entrepreuneur.
b.      Misi
1.      Menyelenggarakan proses pendidikan belajar dan mengajar yang dapat memenuhi penguasaan prasyarat program studi Agribisnis dengan baik, maupun kegiatan ilmu-ilmu lain yang terkait;
2.      Menerapkan suasana akademis yang kondusif bagi berkembangnya inisiatif yang dapat mendorong seseorang menjadi lebih produktif dalam kehidupan profesinya, khususnya yang berkaitan dengan bidang Agribisnis;
3.      Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta sains dalam bidang sosial ekonomi pertanian dengan keahlian utama di bidang Agribisnis;
4.      Memiliki kemampuan  entrepreuneurial yang memadai di bidang sosial ekonomi pertanian dan Agribisnis;
5.      Mampu bersaing dalam skala regional, nasional dan internasional dalam bidang sosial ekonomi pertanian dan Agribisnis.

c.       Tujuan
1.    Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan di bidang Agribisnis sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di bidang Agribisnis;
2.    Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang agribisnis, dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama;
3.    Mampu bersikap dan berprilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang Agribisnis;
4.    Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Agribisnis.

d.      Sasaran
1.    Terwujudnya penyelenggaraan kurikulum berbasisi kompetensi berdasarkan KKNI
2.    Terwujudnya pengembangan softskill mahasiswa
3.    Tercapainya peningkatan predikat kelulusan mahasiswa
4.    Tercapainya masa tunggu kerja lulusan yang semakin singkat
5.    Tercapainya peningkatan kualitas akademik dosen
6.    Tercapainya peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi penelitian dosen dan mahasiswa
7.    Terjalin kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan institusi lain

B.     Hasil Wawancara
1.      Biodata Narasumber
Nama                     : Dina Ambaru Cempaka Sari
Usia                       : 21tahun
2.      Hasil Wawancara
Dari hasil wawancara dengan narasumber yang merupakan mahasiswa jurusan Agribisnis perihal visi misi, Dina Ambaru Cempaka Sari mengetahui dan memahami visi misi jurusan Agribisnis secara umum dimana visinya yaitu Agribisnis sebagai jurusan/program studi yang memiliki keunggulan di bidang Agribisnis, kemudian Agribisnis memiliki misi yaitu mampu bersaing dalam skala regional, nasional dan internasional dalam bidang sosial ekonomi pertanian dan Agribisnis, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta sains dalam bidang sosial ekonomi pertanian.
Selanjutnya Dina berpendapat bahwa proses pembelajaran di dalam jurusan Agribisnis sudah sesuai dengan visi misi yang dimiliki oleh jurusan, karena pembelajaran di kelas telah memberikan materi untuk mendukung mahasiswa agar memiliki pola pikir entrepreuneur di bidang agribisnis tersebut. Dan ketika ditanyakan perihal mata kuliah apa yang lebih di tekankan atau diunggulkan dalam pembelajaran di kelas, Dina merasa semua mata kuliah di jurusan Agribisnis itu penting dan harus di pelajari demi tercapainya hasil yang maksimal.
Kemudian menurut Dina jurusan Agribisnis diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang Agribisnis, diantaranya mampu menjadikan pertanian Indonesia menjadi sektor bisnis yang mampu menopang kebutuhan pangan masyarakat Indonesia itu sendiri. Maka lulusan Agribisnis diharapkan mampu menguasai tentang pemasaran produksi pertanian, manajemen perbankan agribisinis, dan segala hal tentang bisnis dalam bidang pertanian.

C.     Kriteria Kelulusan berkaitan dengan CFIT
CFIT Merupakan test inteligensi yang bersifat lintas kulutural dan juga universal. CFIT terdiri dari 4 subtest, yang menghasilkan kapasitas Inteligensi seseorang, dan tidak menghasilkan skor IQ disusun oleh R. B. Cattel terdiri dari 3 bentuk yaitu Skala 1 untuk anak usia 4 tahun – 8 tahun, skala 2 untuk anak usia 8 tahun – 13 tahun atau dewasa rata-rata, skala 3 untuk murid SLTA ke atas atau dewasa.
Berdasarkan visi dan misi yang dimiliki dan dijunjung oleh jurusan Agribisnis, dapat dianalisis bahwa konten yang mungkin harus dikuasai terkait test CFIT diantaranya dapat dilihat dalam table di bawah ini.
Tabel.1 Keterkaitan Subtest dalam CFIT dengan visi misi jurusan
Subtest CFIT
Nilai yang harus didapat
Alasan
1. Series
Tinggi, artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
Subtes Series merupakan subtest yang menuntut individu untuk berpikir secara sistematis, Agribisnis memerlukannya karena sarjana pendidikan Agribisnis dituntut untuk menjadi wirausahawan yang handal dalam bidang pertanian, mereka juga mempelajari tentang manajemen perbankan, yang sistematis.
2. Classification
Tinggi, artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
Subtes classification merupakan subtest dimana individu dituntut untuk teliti, detail, dan mencari perbedaan. Agribisnis membutuhkannya karena seorang calon entrepreneur harus mampu menyelesaikan berbagai permasalahan secara teliti, Agribisnis juga dituntut agar dapat membedakan hal mana yang bisa lebih menguntungkan dalam usaha yang dijalani.
3. Matriks
Tinggi, artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
subtes Matriks merupakan subtest yang menuntut individu untuk dapat mencari kesesuaian  dan kesetaraan, mengapa dibutuhkan? karena mencari kesesuian sangat dibutuhkan untuk lulusan pendidikan Agribisnis, dimana sarjana pendidikan Agribisnis dituntut untuk dapat mencari kesesuaian dan kesetaraan produk yang dapat dihasilkan dalam pertanian bagi masyarakat.
4. Topologi
Tinggi, artinya dibtuhkan dalam pendidikan Agribisnis
Subtest topology merupakan subtest dimana individu  harus teliti, dan memiliki daya bayang ruang. mengapa subtest ini tidak terlalu berpengaruh? karena jurusan pendidikan Agribisnis tidak dituntut membayangkan atau berimajinasi tentang suatu bentuk.



D.    Daftar Pustaka
Untirta. 2017. Fakultas pertanian. http://pertanian.untirta.ac.id diunduh pada 9 Mei 2017
Untirta. 2017. Fakultas pertanian. http://agribisnis.pertanian.untirta.ac.id. diunduh pada 10 Mei 2017
Nur’aeni .2012.Tes Psikologi :Tes Inteligensi dan Tes Bakat.purwokerto.UM : Purwokerto press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar