Minggu, 10 Desember 2017

24. CONTOH LAPORAN KETERKAITAN TEST DAT DENGAN VISI MISI JURUSAN


LAPORAN KETERKAITAN TEST DAT DENGAN VISI MISI JURUSAN AGRIBISNIS DI FAKULTAS PERTANIAN UNTIRTA


                   I.            Visi dan Misi Jurusan Agribisnis UNTIRTA
I.1 Visi
Menjadikan Jurusan Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai jurusan/program studi yang memiliki keunggulan di bidang Agribisnis dan entrepreuneur.
I.2 Misi
1.      Menyelenggarakan proses pendidikan belajar dan mengajar yang dapat memenuhi penguasaan prasyarat program studi Agribisnis dengan baik, maupun kegiatan ilmu-ilmu lain yang terkait;
2.      Menerapkan suasana akademis yang kondusif bagi berkembangnya inisiatif yang dapat mendorong seseorang menjadi lebih produktif dalam kehidupan profesinya, khususnya yang berkaitan dengan bidang Agribisnis;
3.      Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta sains dalam bidang sosial ekonomi pertanian dengan keahlian utama di bidang Agribisnis;
4.      Memiliki kemampuan  entrepreuneurial yang memadai di bidang sosial ekonomi pertanian dan Agribisnis;
5.      Mampu bersaing dalam skala regional, nasional dan internasional dalam bidang sosial ekonomi pertanian dan Agribisnis.



                II.            Tujuan Lulusan dan Sasaran Jurusan Agribisnis
II.1 Tujuan
(1) Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan di bidang Agribisnis sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di bidang Agribisnis;
(2) Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang agribisnis, dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama;
(3) Mampu bersikap dan berprilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang Agribisnis;
(4) Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Agribisnis.

II.2 Sasaran
(1) Terwujudnya penyelenggaraan kurikulum berbasisi kompetensi berdasarkan KKNI
(2) Terwujudnya pengembangan softskill mahasiswa
(3) Tercapainya peningkatan predikat kelulusan mahasiswa
(4) Tercapainya masa tunggu kerja lulusan yang semakin singkat
(5) Tercapainya peningkatan kualitas akademik dosen
(6) Tercapainya peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi penelitian dosen dan mahasiswa
(7) Terjalin kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan institusi lain

             III.            Hasil Wawancara
III.1 Biodata Narasumber 1
Nama                     : DACS
Usia                       : 21tahun
Semester                : 4 (empat)
III.2 Hasil Wawancara
Dari hasil wawancara dengan narasumber yang merupakan mahasiswa jurusan Agribisnis semester 4 perihal visi misi, DACS mengetahui dan memahami visi misi jurusan Agribisnis secara umum dimana visinya yaitu Agribisnis sebagai jurusan/program studi yang memiliki keunggulan di bidang Agribisnis, kemudian Agribisnis memiliki misi yaitu mampu bersaing dalam skala regional, nasional dan internasional dalam bidang sosial ekonomi pertanian dan Agribisnis, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta sains dalam bidang sosial ekonomi pertanian.
Selanjutnya DACS berpendapat bahwa proses pembelajaran di dalam jurusan Agribisnis sudah sesuai dengan visi misi yang dimiliki oleh jurusan, karena pembelajaran di kelas telah memberikan materi untuk mendukung mahasiswa agar memiliki pola pikir entrepreuneur di bidang agribisnis tersebut. Dan ketika ditanyakan perihal mata kuliah apa yang lebih di tekankan atau diunggulkan dalam pembelajaran di kelas, DACS merasa semua mata kuliah di jurusan Agribisnis itu penting dan harus di pelajari demi tercapainya hasil yang maksimal.
Kemudian menurut DACS jurusan Agribisnis diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang Agribisnis, diantaranya mampu menjadikan pertanian Indonesia menjadi sektor bisnis yang mampu menopang kebutuhan pangan masyarakat Indonesia itu sendiri. Maka lulusan Agribisnis diharapkan mampu menguasai tentang pemasaran produksi pertanian, manajemen perbankan agribisinis, dan segala hal tentang bisnis dalam bidang pertanian, maka menurut DACS mahasiswa Agribisnis memerlukan berbagai kemampuan seperti kemampuan verbal, kemampuan numrikal, kemampuan abstraksi, kemampuan pemahaman cepat dan akurat, kemampuan relasi ruang, kemampuan mekanika, dan kemampuan bahasa.
III.3 Biodata Narasumber 2
Nama                     : AR
Usia                       : 20 tahun
Semester                : 6 (enam)
III.4 Hasil Wawancara
Dari hasil wawancara dengan narasumber yang merupakan mahasiswi jurusan Agribisnis semester 6 dengan inisial AR perihal visi misi, bahwa AR mengetahui visi misi jurusan Agribisnis secara umum dimana visinya yaitu menjad Berdasarkan visi dan misi yang dimiliki dan dijunjung oleh jurusan Agribisnis,ikan jurusan Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai jurusan/program studi yang memiliki keunggulan di bidang Agribisnis dan entrepreuneur dan misinya yaitu menyelenggarakan proses pendidikan belajar mengajar yang dapat memenuhi penguasaan prasyarat program studi Agribisnis dengan baik, maupun kegiatan ilmu terkait, lalu menerapkan suasana akademis yang kondusif yang dapat mendorong seseorang menjadi lebih produktif dalam kehidupan profesi, yang berkaitan dengan bidang Agribisnis, selanjutnya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta sains dalam bidang sosial ekonomi pertanian dengan keahlian utama di bidang Agribisnis, kemudian memiliki kemampuan  entrepreuneurial yang memadai di bidang sosial ekonomi pertanian dan Agribisnis, serta mampu bersaing dalam skala regional, nasional dan internasional dalam bidang sosial ekonomi pertanian dan Agribisnis.

AR juga berpendapat bahwa mata kuliah yang dipelajari di kelas lebih berfokus pada pembahasan tentang bisnis, meski begitu semua materi yang didapat dikelas menurut AR sudah sesuai dan sejalan dengan visi misi jurusan Agribisnis itu sendiri, karena inti dari Agribisnis adalah membahas tentang bisnis di bidang pertanian.
Kemudian AR menyampaikan bahwa lulusan Agribisnis juga dituntut untuk menguasai bahasa inggris, karena mahasiswa diharuskan memiliki skor 400 pada TOEFL, Agribisnis juga diharuskan mengambil fokus jurusan EMA (Ekonomi Masyarakat Agribisnis) yang berfokus pada bidang bisnis dan PMA (Penyuluhan Masyarakat Agribisnis) yang berfokus pada pertanian dan penyuluhannya. Menurut AR pula dalam 7 bidang DAT mahasiswa Agribisnis harus mampu menguasai semua kemampuan tersebut seperti kemampuan verbal, kemampuan numrikal, kemampuan abstraksi, kemampuan pemahaman cepat dan akurat, kemampuan relasi ruang, kemampuan mekanika, dan kemampuan bahasa
             IV.            Kriteria Kelulusan berkaitan dengan DAT
Differential Aptitude Test (DAT) termasuk salah satu tes multibakat yang paling luas digunakan. Tes ini disusun oleh George K. Bennet, Harold G. Seashore dan Alexander G. Weisman. Pertama kali dipublikasikan pada tahun 1947, DAT telah direvisi secara berkala (edisi ke-5, form C, 1992). Kumpulan tes itu dirancang terutama untuk digunakan dalam bimbingan karier siswa kelas 8-12. DAT edisi ke-5 terdiri dari 2 level, yaitu:
(1)   Level 1, dirancang terutama untuk siswa di kelas 7-9 dan orang dewasa yang telah menyelesaikan jenjang sekolah ini;
(2)   Level 2, untuk siswa kelas 10-12 dan orang dewasa yang sudah bersekolah lebih dari 9 tahun, tetapi mungkin belum tamat sekolah menengah.
Berdasarkan visi dan misi yang dimiliki dan dijunjung oleh jurusan Agribisnis, dapat dianalisis bahwa konten yang mungkin harus dikuasai terkait test DAT diantaranya dapat dilihat dalam tabel berikut.
Subtest DAT
Nilai yang harus didapat
Alasan
1.Verbal reasoning (VR)
Tinggi, artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
Subtest VR merupakan subtest yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan individu mengekspresikan ide dalam kata-kata (verbal) sejelas apa individu dapat berpikir dan menalar dengan kata-kata, jurusan Agribisnis diharuskan mampu menguasai kemampuan ini karena dalam Agribisnis diperlukan pengolahan kata-kata yang baik untuk kembali menyampaikan ide atau gagasannya dan hal ini juga diperlukan ketika sedang melakukan penyuluhan masyarakat.
2.Numerical ability
Tinggi, artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan sebaik apa individu dapat memahami ide dalam angka
dan sejelas apa individu dapat berpikir dan menalar dengan angka-angka. Mahasiswa Agribisnis diharuskan mampu untuk memiliki kemampuan ini karena dalam Agribisnis terdapat pembahasan tentang Ekonomi yang mengharuskan mahasiswanya menghitung segala sesuatu tentang ekonomi pertanian.
3.Abstract reasoning
Tinggi, artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan sebaik apa individu memahami ide dalam bentuk non-verbal dan non-angka, yaitu bagaimana individu dapat berpikir secara abstrak, mahasiswa Agribisnis diharuskan memiliki kemampuan ini, karena ia harus mampu memberikan inovasi untuk memajukan bisnis pertanian.
4. Space relation
Tinggi, artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan visualisasi terhadap konstruksi objek tiga dimensi yang dibangun dari pola dua dimensi & kemampuan membayangkan berbagai cara yang digunakan untuk memutar objek tersebut, sehingga mempunyai bangunan seperti yang tampak dalam gambar. Mahasiswa agribisnis membutuhkan kemampuan tersebut untuk menciptakan sebuah inovasi, dapat berbentuk benda terbaru yang mampu  memajukan bisnis pertanian.
5. Mechanical reasoning
Tinggi, artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seberapa mudah individu menangkap prinsip umum dalam ilmu fisika yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari, dan seberapa mampu individu memahami aturan sederhana dari mesin, alat gerak, dalam Agribisnis dipelajari juga ilmu fisika maka mahasiswa Agribisnis membutuhkan kemampuan menguasai tes ini.
6. Clerical speed and Accuracy test
Tinggi, artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
Tes ini dirancang untuk mengukur kecepatan & ketelitian respon dalam tugas-tugas yang membutuhkan persepsi sederhana. mengukur kecepatan memberi jawaban atau tanggapan dalam suatu persepsi sederhana, mengungkap kecepatan persepsi, mengingat dengan cepat, kemampuan memberi tanggapan. Mahasiswa Agribisnis membutuhkan kemampuan ini karena ia harus mampu dengan cepat menangani berbagai macam masalah perekonomian dalam pertanian.
7. Language usage
Tinggi, artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seberapa mampu individu menyadari benar dan salahnya pelafalan dalam kata-kata bahasa, seberapa mampu individu menggunakan bahasa dan seberapa mampu individu menggunakan tanda baca dan pemilihan kata. Mahasiswa Agribisnis membutuhkan kemampuan ini karena mereka mempelajari tentang bahasa-bahasa dalam pertanian seperti nama latin, mereka juga diharuskan memiliki kemampuan TOEFL dengan skor 400.

                V.            Kesimpulan
Dari hasil analisis mengenai perbandingan  subtes dalam DAT dengan visi misi yang dimiliki dan dijunjung oleh jurusan Agribisnis serta hasil wawancara dua mahasiswi jurusan Agribisnis yaitu DACS dan ARdapat disimpulkan bahwa mahasiswa Agribisnis harus mampu menguasai 7 subtes dalam DAT tersebut diantaranya kemampuan verbal, kemampuan numrikal, kemampuan abstraksi, kemampuan pemahaman cepat dan akurat, kemampuan relasi ruang, kemampuan mekanika, dan kemampuan bahasa seperti apa yang ada

Daftar Pustaka
Nur’aeni .2012.Tes Psikologi :Tes Inteligensi dan Tes Bakat.purwokerto.UM : Purwokerto press.
Psikologi,Blog.2016.Konsep tes DAT admisnistrasi skoring. http://blogpsikologi.blogspot.co.id/2016/03/konsep-tes-dat-administrasi-skoring-dan.html diunduh pada 8 June 2017
Untirta. 2017. Fakultas pertanian. http://pertanian.untirta.ac.id diunduh pada 9 Mei 2017
Untirta. 2017. Fakultas pertanian. http://agribisnis.pertanian.untirta.ac.id. diunduh pada 10 Mei 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar