LAPORAN KETERKAITAN TEST DAT
DENGAN VISI MISI JURUSAN AGRIBISNIS DI FAKULTAS PERTANIAN UNTIRTA
I.
Visi dan Misi Jurusan Agribisnis UNTIRTA
I.1 Visi
Menjadikan Jurusan Agribisnis Universitas Sultan Ageng
Tirtayasa sebagai jurusan/program studi yang memiliki keunggulan di bidang
Agribisnis dan entrepreuneur.
I.2 Misi
1.
Menyelenggarakan
proses pendidikan belajar dan mengajar yang dapat memenuhi penguasaan prasyarat
program studi Agribisnis dengan baik, maupun kegiatan ilmu-ilmu lain yang
terkait;
2.
Menerapkan suasana
akademis yang kondusif bagi berkembangnya inisiatif yang dapat mendorong
seseorang menjadi lebih produktif dalam kehidupan profesinya, khususnya yang
berkaitan dengan bidang Agribisnis;
3.
Menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi serta sains dalam bidang sosial ekonomi pertanian
dengan keahlian utama di bidang Agribisnis;
4.
Memiliki
kemampuan entrepreuneurial yang memadai di bidang sosial ekonomi
pertanian dan Agribisnis;
5.
Mampu bersaing
dalam skala regional, nasional dan internasional dalam bidang sosial ekonomi
pertanian dan Agribisnis.
II.
Tujuan Lulusan dan Sasaran Jurusan Agribisnis
II.1 Tujuan
(1) Menguasai
dasar-dasar ilmiah dan keterampilan di bidang Agribisnis sehingga mampu
menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang
ada di bidang Agribisnis;
(2) Mampu
menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang agribisnis, dalam kegiatan
produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai
dengan tata kehidupan bersama;
(3) Mampu
bersikap dan berprilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang Agribisnis;
(4) Mampu
mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Agribisnis.
II.2 Sasaran
(1) Terwujudnya
penyelenggaraan kurikulum berbasisi kompetensi berdasarkan KKNI
(2) Terwujudnya
pengembangan softskill mahasiswa
(3) Tercapainya
peningkatan predikat kelulusan mahasiswa
(4) Tercapainya
masa tunggu kerja lulusan yang semakin singkat
(5) Tercapainya
peningkatan kualitas akademik dosen
(6) Tercapainya
peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi penelitian dosen dan mahasiswa
(7) Terjalin
kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan institusi lain
III.
Hasil Wawancara
III.1 Biodata Narasumber 1
Nama : DACS
Usia : 21tahun
Semester : 4 (empat)
III.2 Hasil Wawancara
Dari hasil wawancara dengan narasumber yang merupakan
mahasiswa jurusan Agribisnis semester 4 perihal visi misi, DACS mengetahui dan
memahami visi misi jurusan Agribisnis secara umum dimana visinya yaitu
Agribisnis sebagai jurusan/program studi yang memiliki keunggulan di bidang
Agribisnis, kemudian Agribisnis memiliki misi yaitu mampu
bersaing dalam skala regional, nasional dan internasional dalam bidang sosial
ekonomi pertanian dan Agribisnis, serta menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi serta sains dalam bidang sosial ekonomi pertanian.
Selanjutnya DACS berpendapat bahwa proses pembelajaran di
dalam jurusan Agribisnis sudah sesuai dengan visi misi yang dimiliki oleh
jurusan, karena pembelajaran di kelas telah memberikan materi untuk mendukung
mahasiswa agar memiliki pola pikir entrepreuneur
di bidang agribisnis tersebut. Dan ketika
ditanyakan perihal mata kuliah apa yang lebih di tekankan atau diunggulkan
dalam pembelajaran di kelas, DACS merasa semua mata kuliah di jurusan
Agribisnis itu penting dan harus di pelajari demi tercapainya hasil yang
maksimal.
Kemudian menurut DACS jurusan Agribisnis diharapkan mampu
menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang Agribisnis, diantaranya
mampu menjadikan pertanian Indonesia menjadi sektor bisnis yang mampu menopang
kebutuhan pangan masyarakat Indonesia itu sendiri. Maka lulusan Agribisnis
diharapkan mampu menguasai tentang pemasaran produksi pertanian, manajemen
perbankan agribisinis, dan segala hal tentang bisnis dalam bidang pertanian,
maka menurut DACS mahasiswa Agribisnis memerlukan berbagai kemampuan seperti kemampuan
verbal, kemampuan numrikal, kemampuan abstraksi, kemampuan pemahaman cepat dan
akurat, kemampuan relasi ruang, kemampuan mekanika, dan kemampuan bahasa.
III.3 Biodata Narasumber 2
Nama : AR
Usia : 20 tahun
Semester :
6 (enam)
III.4
Hasil Wawancara
Dari hasil wawancara dengan narasumber yang merupakan
mahasiswi jurusan Agribisnis semester 6 dengan inisial AR perihal visi misi, bahwa
AR mengetahui visi misi jurusan Agribisnis secara umum dimana visinya yaitu menjad
Berdasarkan visi dan misi yang dimiliki dan dijunjung oleh jurusan Agribisnis,ikan
jurusan Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai jurusan/program
studi yang memiliki keunggulan di bidang Agribisnis dan entrepreuneur dan misinya yaitu menyelenggarakan
proses pendidikan belajar mengajar yang dapat memenuhi penguasaan prasyarat program
studi Agribisnis dengan baik, maupun kegiatan ilmu terkait, lalu menerapkan
suasana akademis yang kondusif yang dapat mendorong seseorang menjadi lebih
produktif dalam kehidupan profesi, yang berkaitan dengan bidang Agribisnis, selanjutnya menguasai
ilmu pengetahuan dan teknologi serta sains dalam bidang sosial ekonomi
pertanian dengan keahlian utama di bidang Agribisnis, kemudian memiliki
kemampuan entrepreuneurial yang
memadai di bidang sosial ekonomi pertanian dan Agribisnis, serta mampu bersaing
dalam skala regional, nasional dan internasional dalam bidang sosial ekonomi
pertanian dan Agribisnis.
AR juga berpendapat
bahwa mata kuliah yang dipelajari di kelas lebih berfokus pada pembahasan
tentang bisnis, meski begitu semua materi yang didapat dikelas menurut AR sudah
sesuai dan sejalan dengan visi misi jurusan Agribisnis itu sendiri, karena inti
dari Agribisnis adalah membahas tentang bisnis di bidang pertanian.
Kemudian AR
menyampaikan bahwa lulusan Agribisnis juga dituntut untuk menguasai bahasa
inggris, karena mahasiswa diharuskan memiliki skor 400 pada TOEFL, Agribisnis
juga diharuskan mengambil fokus jurusan EMA (Ekonomi Masyarakat Agribisnis)
yang berfokus pada bidang bisnis dan PMA (Penyuluhan Masyarakat Agribisnis)
yang berfokus pada pertanian dan penyuluhannya. Menurut AR pula dalam 7 bidang
DAT mahasiswa Agribisnis harus mampu menguasai semua kemampuan tersebut seperti
kemampuan verbal, kemampuan numrikal, kemampuan abstraksi, kemampuan pemahaman
cepat dan akurat, kemampuan relasi ruang, kemampuan mekanika, dan kemampuan
bahasa
IV.
Kriteria Kelulusan berkaitan dengan DAT
Differential Aptitude Test (DAT) termasuk
salah satu tes multibakat yang paling luas digunakan. Tes ini disusun oleh
George K. Bennet, Harold G. Seashore dan Alexander G. Weisman. Pertama kali
dipublikasikan pada tahun 1947, DAT telah direvisi secara berkala (edisi ke-5,
form C, 1992). Kumpulan tes itu dirancang terutama untuk digunakan dalam
bimbingan karier siswa kelas 8-12. DAT
edisi ke-5 terdiri dari 2 level, yaitu:
(1)
Level 1, dirancang
terutama untuk siswa di kelas 7-9 dan orang dewasa yang telah menyelesaikan
jenjang sekolah ini;
(2)
Level 2, untuk
siswa kelas 10-12 dan orang dewasa yang sudah bersekolah lebih dari 9 tahun,
tetapi mungkin belum tamat sekolah menengah.
Berdasarkan visi dan misi yang dimiliki dan dijunjung oleh
jurusan Agribisnis, dapat dianalisis bahwa konten yang mungkin harus dikuasai
terkait test DAT diantaranya dapat dilihat dalam tabel berikut.
Subtest DAT
|
Nilai yang harus didapat
|
Alasan
|
1.Verbal
reasoning (VR)
|
Tinggi,
artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
|
Subtest
VR merupakan subtest yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan
individu mengekspresikan ide dalam kata-kata (verbal) sejelas apa individu
dapat berpikir dan menalar dengan kata-kata, jurusan Agribisnis diharuskan
mampu menguasai kemampuan ini karena dalam Agribisnis diperlukan pengolahan
kata-kata yang baik untuk kembali menyampaikan ide atau gagasannya dan hal
ini juga diperlukan ketika sedang melakukan penyuluhan masyarakat.
|
2.Numerical
ability
|
Tinggi,
artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
|
Tes
ini bertujuan untuk mengukur kemampuan sebaik apa individu dapat memahami ide
dalam angka
dan sejelas apa individu dapat berpikir dan menalar dengan angka-angka. Mahasiswa Agribisnis diharuskan mampu untuk memiliki kemampuan ini karena dalam Agribisnis terdapat pembahasan tentang Ekonomi yang mengharuskan mahasiswanya menghitung segala sesuatu tentang ekonomi pertanian. |
3.Abstract reasoning
|
Tinggi,
artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
|
Tes
ini bertujuan untuk mengukur kemampuan sebaik apa individu memahami ide dalam
bentuk non-verbal dan non-angka, yaitu bagaimana individu dapat berpikir
secara abstrak, mahasiswa Agribisnis diharuskan memiliki kemampuan ini, karena
ia harus mampu memberikan inovasi untuk memajukan bisnis pertanian.
|
4. Space
relation
|
Tinggi,
artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
|
Tes
ini dirancang untuk mengukur kemampuan visualisasi terhadap konstruksi objek
tiga dimensi yang dibangun dari pola dua dimensi & kemampuan membayangkan
berbagai cara yang digunakan untuk memutar objek tersebut, sehingga mempunyai
bangunan seperti yang tampak dalam gambar. Mahasiswa agribisnis membutuhkan
kemampuan tersebut untuk menciptakan sebuah inovasi, dapat berbentuk benda
terbaru yang mampu memajukan bisnis
pertanian.
|
5. Mechanical
reasoning
|
Tinggi,
artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
|
Tes
ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seberapa mudah individu menangkap
prinsip umum dalam ilmu fisika yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari,
dan seberapa mampu individu memahami aturan sederhana dari mesin, alat gerak,
dalam Agribisnis dipelajari juga ilmu fisika maka mahasiswa Agribisnis
membutuhkan kemampuan menguasai tes ini.
|
6. Clerical
speed and Accuracy test
|
Tinggi,
artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
|
Tes
ini dirancang untuk mengukur kecepatan & ketelitian respon dalam
tugas-tugas yang membutuhkan persepsi sederhana. mengukur kecepatan memberi
jawaban atau tanggapan dalam suatu persepsi sederhana, mengungkap kecepatan
persepsi, mengingat dengan cepat, kemampuan memberi tanggapan. Mahasiswa
Agribisnis membutuhkan kemampuan ini karena ia harus mampu dengan cepat
menangani berbagai macam masalah perekonomian dalam pertanian.
|
7. Language
usage
|
Tinggi,
artinya dibutuhkan dalam jurusan Agribisnis
|
Tes
ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seberapa mampu individu menyadari
benar dan salahnya pelafalan dalam kata-kata bahasa, seberapa mampu individu
menggunakan bahasa dan seberapa mampu individu menggunakan tanda baca dan
pemilihan kata. Mahasiswa Agribisnis membutuhkan kemampuan ini karena mereka
mempelajari tentang bahasa-bahasa dalam pertanian seperti nama latin, mereka
juga diharuskan memiliki kemampuan TOEFL dengan skor 400.
|
V.
Kesimpulan
Dari hasil
analisis mengenai perbandingan subtes
dalam DAT dengan visi misi yang dimiliki dan dijunjung oleh jurusan Agribisnis
serta hasil wawancara dua mahasiswi jurusan Agribisnis yaitu DACS dan ARdapat
disimpulkan bahwa mahasiswa Agribisnis harus mampu
menguasai 7 subtes dalam DAT tersebut diantaranya kemampuan verbal, kemampuan
numrikal, kemampuan abstraksi, kemampuan pemahaman cepat dan akurat, kemampuan
relasi ruang, kemampuan mekanika, dan kemampuan bahasa seperti apa yang ada
Daftar Pustaka
Nur’aeni .2012.Tes Psikologi :Tes Inteligensi dan Tes Bakat.purwokerto.UM
: Purwokerto press.
Psikologi,Blog.2016.Konsep
tes DAT admisnistrasi skoring. http://blogpsikologi.blogspot.co.id/2016/03/konsep-tes-dat-administrasi-skoring-dan.html diunduh pada 8 June 2017
Untirta. 2017. Fakultas pertanian. http://agribisnis.pertanian.untirta.ac.id. diunduh pada 10 Mei 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar