Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan konselor untuk
memenuhi perkembangan zaman dalam memenuhi kebutuhan peserta didik yaitu
membuat layanan
konseling berbasis aplikasi gratis.
Beberapa model strategi layanan bimbingan dan konseling dalam
bentuk cyber counseling diantaranya
satunya yaitu :
·
Layanan
berbasis informasi online
·
Layanan
berbasis chatting (personal ataupun grup)
·
Layanan
berbasis Videoconference (perdonal msupun grup)
Videoconference atau konferensi video merupakan bagian dari dunia
teleconference. Videoconference dapat diartikan sesuai dengan suku katanya,
yaitu : video = video adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai penerima
gambar dan suara, conference = konferensi adalah diskusi antar pengguna
teknologi informasi, baik melalui teks maupun perangkat multimedia, maka
videoconference adalah konferensi video dimana data yang di-transmisikan adalah
dalam bentuk video atau audiovisual. Videoconference adalah telekomunikasi
dengan menggunakan audio dan video sehingga terjadi pertemuan ditempat yang
berbeda-beda. Ini bisa berupa antara dua lokasi yang berbeda (point-to-point)
atau mengikutsertakan beberapa lokasi sekaligus di dalam satu ruangan
konferensi (multi-point).
Dalam cyber counseling ini, kita mengupayakan program aplikasi gratis yang dibuat oleh suatu
kelompok konselor profesional. Untuk menggunakan program ini kita bisa dapatkan
dengan mendownload di internet atau membeli pada toko komputer yang khusus
menjual software seperti play store.
Bentuk layanan dalam
aplikasi yang bisa diupayakan yaitu: layanan
konsultasi, layanan informasi, layanan konseling individual, layanan konseling
kelompok, beserta layanan lain yang bisa dikembangkan oleh masing-masing
konselor dan sesuai dengan kebutuhan konseli.
A.
Cara
menggunakan aplikasi konseling
Untuk dapat menyelenggarakan konseling melalui aplikasi ini
pengguna dapat mengunduh aplikasi grati di Play Store, jadi siapapun bisa
mengaksesnya
1)
Isi
formulir aplikasi seperti, nama, usia, dan akun yang bisa dihubungkan dengan
aplikasi misalnya G.mail isi pula akun keluarga atau orang yang ingin
diikutsertakan dalam proses bimbingan dan konseling.
2)
Terdapat
kolom orangtua/wali dan anak, apabila pengguna adalah orangtua/wali maka bisa
mengisi formulir orangtua/wali dan begitu pula sebaliknya apabila pengguna
adalah seorang anak/siswa
3)
Aplikasi
bisa saling terhubung antara anak dengan orang tua apabila kedua belah pihak
menggunakan aplikasi ini, karena dalam formulir disertakan akun keluarga yang
harus dicantumkan
4)
Karena
aplikasi ini terhubung antara anak dan orang tua maka, orangtua dapat
mengetahui kondisi dan keperluan anaknya.
5)
Setelah
selesai mengisi formulir pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk
mengakses informasi seputar bimbingan dan konseling, dan pengguna juga dapat
terhubung dengan enam konseling profesional yang disediakan dalam aplikasi maka
pengguna dapat memilih ingin dengan siapa ia berkonsultasi.
6)
Dengan
akses bisa terhubung dengan konseling profesional, pengguna dapat melakukan chatting
dan videoconference untuk bimbingan dan konseling
7)
Ketika
melakukan chatting disediakan pilihan pemfilteran apakah boleh di share
pada keluarga yang akunnya terhubung atau tidak.
8)
Dalam
akses chatting dan videoconfrence pengguna harus membuat janji
terlebih dahulu dan akan diatur oleh mesin otomatis aplikasi
9)
Jika
siswa sebagai pengguna aplikasi ini, ia bisa memasukan nilai-nilai harian yang
diperolehnya sebagai rekapan prestasi, orangtua dapat mengaksesnya untuk
mengetahui prestakepribsi siswa
10)
Terdapat
pula tambahan fitur schedule bagi pengguna dimana mereka bisa membuat
jadwal dan diingatkan untuk memenuhinya oleh aplikasi ini.
Selama konseling aplikasi ini idealnya konselor tetap bisa
menunjukkan kepribadian efektif.Dari penjelasan di atas, jelas bahwa proses
konseling melalui aplikasi ini dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan
kapan saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar